Ditemukan Sejumlah Makam Kuno di Harjamukti, Diperkirakan Usianya Ratusan Tahun

Ditemukan Sejumlah Makam Kuno di Harjamukti, Diperkirakan Usianya Ratusan Tahun

CIREBON - Tim Unit Kepurbakalaan Keraton Kacirebonan menemukan sejumlah makam kuno yang usianya diperkirakan sudah ratusan tahun. Makam tua tersebut berada di sekitar makam Pangeran Suryanegara wilayah Wanacala Kelurahan/Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.

Di situs Pangeran Suryanegara ini terdapat makam utama yang dijaga dengan baik. Sementara di sekitarnya terdapat puluhan makam lainnya baik dari pihak keluarga keraton dan lainnya. Namun hingga saat ini, ada sejumlah makam kuno yang informasinya belum diketahui pihak juru pelihara (kuncen).

Makam kuno pertama yang dikelilingi pagar jumlahnya ada belasan dan diperkirakan usianya sudah ratusan tahun. Bahkan di bagian lain terdapat satu tempat khusus yang dipagar yang di dalamnya terdapat sembilan makam berukuran besar.

Baca juga:

CCTV Rekam Detik-detik Begal Payudara Dihajar Masa

Dugaan Kasus Pembunuhan di Indramayu, Geger Suami Kubur Istri di Dalam Rumah

Geger Suami Kubur Istri di Dalam Rumah, Begini Awalnya Kasus di Indramayu Itu Terkuak

Jika dilihat dari struktur bangunan, bentuk Kutagara atau benteng yang mengelilingi makam sudah cukup tua. Begitu pun bentuk mahesannya tidak ada nama atau tulisan lain yang dikenal. Diduga makam tersebut merupakan sebuah petilasan atau pusaka yang dikubur di lokasi tersebut.

Elang Iyan Arifudin selaku Kepala Unit Kepurbakalaan Keraton Kacirebonan mengatakan, akan melakukan penelitian lebih lanjut terhadap makam-makam kuno tersebut.

\"Untuk mengetahui tentang makam-makam ini, kami akan berkoordinasi dengan tim arkeologi untuk dilakukan penelitian lebih lanjut,\"ujarnya. (rdh)

https://youtu.be/j40b-bpRCSw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: